Selasa, 11 Oktober 2011

BIOGRAFI THOMAS STAMFORD RAFFLES





Thomas Stamford Raffles lahir di laut di papan Ann kapal pada 6 Juli 1781 di lepas pantai Jamaika. Pada 1795, pria muda menerima pekerjaan pertamanya di East India Company sebagai pegawai. Tapi dia belajar keras di waktu luang dan pada 1804, telah diposting ke Penang (kemudian Prince of Wales Island) dan dipromosikan ke Asisten Sekretaris Kepresidenan bahwa pulau Malaysia. Penguasaan-Nya atas bahasa Melayu membuatnya sangat diperlukan untuk Pemerintah Inggris, dan ia kemudian ditunjuk penerjemah Melayu kepada Pemerintah India. Pada 1811, ia kembali sebagai Gubernur Letnan Jawa, dan segera dipromosikan menjadi Gubernur Bengkulu (sekarang Sumatera). Pada 19 Januari 1819, Raffles mendirikan Singapura modern dan pertama diperdebatkan ide yang menyebabkan pembentukan Museum Raffles di pulau itu.

Stamford Raffles sangat terpesona oleh keragaman besar dari hewan aneh dan tanaman dari Hindia Timur selama masa jabatannya di sana. Dia segera dipekerjakan ahli zoologi dan botani untuk menemukan semua yang mereka dapat tentang hewan dan tumbuhan di kawasan dan akan membayar asistennya keluar dari kantong sendiri untuk mengumpulkan spesimen. Dia juga dihidupkan kembali dan menjadi presiden Masyarakat Batavia yang aktif terlibat dalam studi sejarah alam Jawa dan daerah sekitarnya.
Dalam memoar tentang dirinya, istrinya Lady Sophia Raffles, koleksi binatang juga menyebutkan, di antara yang indah spesimen tapir, badak dan kijang. Dia menyebutkan bahwa dikirim ke Inggris. Raffles juga menyimpan beberapa hewan sebagai hewan peliharaan. Sebuah beruang anak dia dibesarkan dengan anak-anaknya dilaporkan sering bergabung dengannya untuk makan malam, makan mangga dan minum sampanye
Sir Thomas Stamford Raffles meninggal sehari sebelum ulang tahunnya ke-45 di tahun 1826. Beberapa tahun sebelumnya, pada tahun 1821 dan 1822, ia memberikan kontribusi dua makalah dalam Transaksi dari Zoological Society, London, dengan deskripsi dari beberapa 34 spesies burung dan 13 spesies mamalia, terutama dari Sumatra.
Sebagai Stamford Raffles yang terkenal di kalangan sejarah alam, sejumlah hewan dan tanaman telah dinamai untuk menghormatinya. Mereka termasuk Megalaima rafflesi (Red-crowned Barbet), Dinopium rafflesii (Olive-didukung Pelatuk) dan Chaetodon rafflesi (Butterflyfish berkisi-kisi). Mungkin organisme yang paling khas bernama setelah dia akan Rafflesia, genus tanaman parasit pada pohon-pohon palem yang ditemukan pada sebuah ekspedisi ke hutan di Sumatera. Ini adalah endemik ke Asia Tenggara dan menghasilkan terbesar dan mungkin di dunia yang paling spektakuler (abeit jahat berbau) bunga.

SUMBER :
 

7 komentar:

  1. hal apa yang paling anda kagumi dari sosok tokoh ini?

    BalasHapus
  2. dan karya apa saja yang diperoleh oleh THOMAS STAMFORD RAFFLES dan bgaimana perananx dalam ekoligi atau dunian alam?????

    BalasHapus
  3. apakah raffles ini yang menemukan bunga rafflesia arnoldi pertama kali?

    BalasHapus
  4. gubernur jenderal yang meletakkan pondasi penelitian ilmiah yang diakui dunia internasioanl dan merubah sistem pemerintahan yang kuno, menghapus perbudakan dan mencoba menunpas korupsi.

    BalasHapus
  5. dunia semua alam & iin ektum:
    THOMAS STAMFORD RAFFLES sebagai pendiri Kebun Raya Bogor, kalau baca artikel tentang KRB, KRB didirikan atas dasar rasa cinta terhadap alam dan ilmu pengetahuan.
    my nature:
    ditemukan di Desa Pulau Lebar Kabupaten Bengkulu Selatan pada tanggal 20 Mei 1818 oleh Sir Thomas Stanfort Raffles bersama seorang pencinta alam Dr. Joseph Arnold.
    lelesurabayamadura:
    itu juga :)


    BalasHapus